Menonaktifkan Default Share Di Windows

Ditulis oleh : Asep Sopyan - 27 Juni 2017
Anda mungkin tidak tahu bahwa Windows secara default menambahkan fitur Share pada setiap local drive komputer yang Anda gunakan. Jika Anda memiliki dua local drive, yaitu C: dan D:, maka Windows akan menambahkan Share dengan nama C$ dan D$. Tidak percaya? Silahkan buka Command Prompt, lalu ketikkan perintah berikut:

Net Share

Dan lihat apa yang terjadi.


Tapi, memangnya apa sih pengaruhnya dengan hal tersebut? Pengaruhnya adalah bahwa jika komputer yang Anda gunakan tersambung ke dalam sebuah jaringan local (LAN), dan ada orang lain yang tahu (atau bisa meng-hack) password Administrator pada komputer yang Anda gunakan, maka ia bisa dengan bebasnya mengakses seluruh file dan folder yang berada pada drive yang di-share tersebut. Ya, Anda tidak salah baca: SEMUA.

Mulai khawatir? Anda mungkin memiliki data-data rahasia di dalam komputer yang Anda gunakan, entah itu data keuangan, daftar selingkuhan, foto atau video "nakal", atau data "penting" lainnya (seperti rahasia negara mungkin, jika Anda adalah seorang agen rahasia) yang Anda tidak ingin orang lain tahu.

Anda mungkin bisa bilang, "Ah, laptop yang saya gunakan tidak tersambung ke jaringan LAN. Jadi harusnya saya aman dong.". Pada posisi seperti itu, ya. Anda mungkin aman. Tapi, bayangkan saat Anda terhubung ke sebuah hotspot publik, demi untuk mendapatkan free wifi alias akses internet gratis. Sadarkah Anda bahwa itu sama saja terhubung dengan sebuah jaringan LAN?

Sebenarnya ada sebuah perintah sederhana untuk mendisable fitur tersebut. Anda bisa buka Command Prompt, dan ketikkan perintah berikut:

Net Share Nama_Drive$ /Delete

Jadi, jika Anda ingin menghapus default share pada drive C:, maka Anda bisa mengetikkan perintah berikut pada Command Prompt:

Net Share C$ /DELETE



Untuk membuktikannya, silahkan ketikkan perintah sebelumnya, yaitu "Net Share", pada jendela Command Prompt.


Terlihat di situ bahwa default share untuk C$ dan  D$, sudah tidak ada. Anda bisa meneruskannya untuk share IPC$ dan ADMIN$.

Tapi, jangan lega dulu. Pengalaman saya membuktikan bahwa "hilangnya" default share tersebut hanya bersifat sementara. Saat Anda me-restart komputer Anda, maka default share tersebut akan kembali aktif. Saya malah pernah memeriksa bahwa default share itu kembali aktif, dalam hitungan waktu tertentu, tak harus menunggu sampai komputer di-restart. Jujur, saya tidak suka kondisi tersebut. Saya coba googling, dan akhirnya menemukan sebuah cara yang akan membuat default share tersebut, non-aktif secara permanen.

Caranya adalah dengan membuat sebuah nilai registry tertentu pada Windows. Jadi, silahkan jalankan "Regedit.exe" atau "Regedit" saja, dari jendela Command Prompt pada komputer Anda. Belum anda tutup kan? :D


Lalu buka branch "HKEY_LOCAL_MACHINE". Setelah itu buka lagi branch "SYSTEM", lalu buka "CurrentControlSet", kemudian buka "services", dan terakhir buka branch "LanmanServer".


Setelah terbuka branch "LanmanServer", silahkan klik kanan mouse Anda pada cabang "LanmanServer" atau pada jendela di sebelah kanan, lalu pilih "New", lalu "DWORD (32-bit) Value". 



Lalu pada "setting registry" baru yang muncul, rename dengan nama "AutoShareWks". Biarkan nilainya menjadi 0 (Nol), lalu tutup jendela Registry Editor nya.


Selanjutnya, Anda harus me-restart komputer Anda, agar setting registry ini bisa diterapkan oleh Windows. Jika sudah, silahkan cek kembali dengan perintah "Net Share". Dan Anda akan mendapati bahwa default share pada local drive di komputer yang Anda gunakan, sudah tidak ada alias non-aktif.

Untuk sekarang, setidaknya Anda bisa bernafas lega. 






Nama
Email (tidak akan ditampilkan)  
Komentar



Mencoba Windows 3.11
Ditulis oleh : Asep Sopyan - 12 Juli 2017

Google Calendar Akhirnya Mendapatkan Widget "Hari Ini"
Ditulis oleh : Asep Sopyan - 10 Juli 2017

Microsoft Memperluas Dukungan Kontainer Linux di Windows Server
Ditulis oleh : Asep Sopyan - 29 Juni 2017

Menonaktifkan Default Share Di Windows
Ditulis oleh : Asep Sopyan - 27 Juni 2017

Menjajal Web Archive, Gudang Arsipnya Web Seluruh Dunia
Ditulis oleh : Asep Sopyan - 25 Juni 2017

Mengaktifkan "Mode Gelap" Di Youtube
Ditulis oleh : Asep Sopyan - 24 Juni 2017

Kalkulator Di Google
Ditulis oleh : Asep Sopyan - 21 Juni 2017

OnePlus 5, Smartphone Dengan RAM 8GB dan Dual Rear Camera
Ditulis oleh : Asep Sopyan - 21 Juni 2017

Microsoft Modern Keyboard, Keyboard Dengan FingerPrint Scanner
Ditulis oleh : Asep Sopyan - 17 Juni 2017

Mengatasi Masalah Error "Your IP Address has changed. Please login again." Pada Login cPanel
Ditulis oleh : Asep Sopyan - 9 Januari 2017