Kalkulator Di Google

Ditulis oleh : Asep Sopyan - 21 Juni 2017
Sebenarnya ini sudah lama, dan mungkin sudah banyak juga yang tahu, termasuk Anda. Tapi tadi, saat saya hendak melakukan pencarian terhadap gadget terbaru keluaran OnePlus, salah satu produsen asal China, saya jadi tergelitik untuk menuliskan artikel ini. Penyebabnya adalah karena saat saya mengetikkan pencarian "One Plus 5" pada kotak pencarian Google, yang keluar pada baris teratas dari daftar hasil pencarian, adalah seperti berikut ini:


Yah, ini memang salah saya. Seharusnya saya mengetikkan "OnePlus 5", dan bukan "One Plus 5", seperti di atas. Sebuah typo yang kadang saya alami. Anda mungkin juga kadang seperti itu. Bukannya mau mencari "teman dalam kesalahan" atau mencari pembenaran, tapi seringkali typo bisa mengakibatkan salah pengertian, termasuk pada mesin pencari Google. Gambar di atas adalah buktinya.

Anyway, ketimbang berusaha untuk mengkoreksi kata kunci / keyword pencarian, saya malah jadi tertarik untuk mecoba-coba (lagi) perhitungan di "aplikasi" kalkulator milik Google ini. Saya mencoba memasukkan sebuah perhitungan sederhana, yaitu : 123 + 234 * 567 - 789, lalu saya tekan tombol Enter, dan hasilnya adalah seperti ini:


Benarkah hasil tersebut? Mari kita buktikan, dengan memakai aplikasi kalkulator milik Microsoft Windows. Silahkan jalankan aplikasi Calculator, atau Anda juga bisa memanggilnya lewat Command Prompt, dengan mengetikkan "Calc".



Namun sebelumnya, kita harus mengubah dulu mode kalkulator ini menjadi mode Scientific. Kenapa? Karena pada perhitungan yang saya masukkan di kotak pencarian Google, ada "aturan" yang harus dipatuhi, yaitu bahwa kita harus mendahulukan perkalian dan pembagian, baru kemudian penambahan dan pengurangan. Jadi, jika kita mau melakukan perhitungan 123 + 234 * 567 - 789 pada mode standar Calculator, maka yang harus kita lakukan adalah menghitung dulu perkalian 234 * 567, baru kemudian hasilnya kita tambahkan dengan 123 dan dikurangi dengan 789. Atau dalam penuliusan perhitungan "yang benar", menjadi 123 + (234 * 567) - 789. Dan Google sudah melakukannya dengan benar. Nah, kalau kita hendak melakukan cara seperti Google, kita harus mengubah mode Standard pada aplikasi Calculator Windows ini, menjadi mode Scientific.



Jika sudah, silahkan masukkan perhitungan berikut: 123 + (234 * 567) - 789, lalu ketik atau klik tombol "=" (sama dengan).


Lihat? Hasilnya sama persis dengan yang ditampilkan oleh Google. Memang, itu cuma contoh perhitungan yang "sederhana". Namun saya yakin, untuk perhitungan lain yang jauh lebih rumit, hasil yang ditampilkan tetap akan benar. Google tidak akan mengorbankan nama besarnya, dengan mengeluarkan aplikasi abal-abal.

Mau mencoba? Silahkan. Dan, sementara itu, saya hendak meneruskan pencarian saya terhadap "OnePlus 5" :-)






Nama
Email (tidak akan ditampilkan)  
Komentar



Mencoba Windows 3.11
Ditulis oleh : Asep Sopyan - 12 Juli 2017

Google Calendar Akhirnya Mendapatkan Widget "Hari Ini"
Ditulis oleh : Asep Sopyan - 10 Juli 2017

Microsoft Memperluas Dukungan Kontainer Linux di Windows Server
Ditulis oleh : Asep Sopyan - 29 Juni 2017

Menonaktifkan Default Share Di Windows
Ditulis oleh : Asep Sopyan - 27 Juni 2017

Menjajal Web Archive, Gudang Arsipnya Web Seluruh Dunia
Ditulis oleh : Asep Sopyan - 25 Juni 2017

Mengaktifkan "Mode Gelap" Di Youtube
Ditulis oleh : Asep Sopyan - 24 Juni 2017

Kalkulator Di Google
Ditulis oleh : Asep Sopyan - 21 Juni 2017

OnePlus 5, Smartphone Dengan RAM 8GB dan Dual Rear Camera
Ditulis oleh : Asep Sopyan - 21 Juni 2017

Microsoft Modern Keyboard, Keyboard Dengan FingerPrint Scanner
Ditulis oleh : Asep Sopyan - 17 Juni 2017

Mengatasi Masalah Error "Your IP Address has changed. Please login again." Pada Login cPanel
Ditulis oleh : Asep Sopyan - 9 Januari 2017